Dewi Nova Luncurkan Antologi Cerpen

Penulis sastra yang juga aktivis perempuan Dewi Nova kembali meluncurkan karya: kumpulan cerpen “Perempuan Kopi”. Buku ini memuat tigabelas cerita pendek.   Dewi Nova menyajikan beragam tema dalam buku itu, mulai dari konflik Aceh hingga masalah lesbian. 
Dalam sejumlah cerpen, Nova berhasil mengaduk-aduk emosi pembaca. Ia membuat kita seolah terlibat langsung dalam peristiwa-peristiwa fiksional yang dibentangkannya. Misalnya, ketika membaca cerpen tentang Aceh, saya tiba-tiba menjadi sangat marah pada realitas yang diungkapkannya.
Kumpulen cerpen setebal sekitar 150 halaman ini diterbitkan oleh Air Publisher dan Pustaka Masyarakat Setara, Jakarta. Pertama kali dicetak pada Februari 2012. Ini buku sastra kedua Nova. Sebelumnya, ia telah menerbitkan buku kumpulan puisi Burung Burung Bersayap Air (2010).
Dewi Nova Wahyuni lahir di Bandung, 19 November 1974. Ia dikenal seorang aktivis perempuan dan pernah bekerja dan bermukim di berbagai kota. Ia pernah tinggal, antara lain, di Kupang (2001-2002), Aceh (2006-2008) dan Bangkok sepanjang 2009. Ia sangat peduli pada masalah buruh migran, peace bulding, kebhinnekaan, gender dan seksualitas.  | MUSTAFA ISMAIL
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *