Penyair Fikar W. Eda Baca Puisi di Bus Transjakarta

Penyair asal Aceh Fikar W.Eda akan tampil di bus Transjakarta dalam karya bertajuk “Jakarta Dalam Puisi Didong Dalam Trans Jakarta,” pada Minggu, 3 Juni 2012, pukul 14.00 WIB. Ia memilih bus Transjakarta rute PGC Cililitan-Grogol.

Menurut Fikar, kegiatan dalam rangka tugas akhir kuliahnya di program Pasca Sarjana Institut Kesenian Jakarta (IKJ) itu melibatkan 25 seniman didong dari grup didong Singkite Ciputat dan grup Bintang Duta Cibubur.

Ia akan membawakan 20 puisi didong dalam bahasa Indonesia. Puisi-puisi itu semuanya tentang kehidupan masyarakat Jakarta. “Ini merupakan pertunjukan seni urban yang dilakukan oleh para urbanis dari Gayo, Aceh,” kata FIkar W.Eda.

Didong adalah sastra tradisi dari Gayo, Aceh. Di Gayo, didong dipentaskan semalam suntuk yang melibatkan dua grup, masing-masing grup terdiri dari 20-25 pria dewasa. “Tapi dalam pertunjukan di dalam bus trans Jakarta, durasi pertunjukan selama lebih kurang dua jam,” kata Fikar.

Fikar W. Eda lahir di Takengon paa 1966. Alumni Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (Unsyiah, Banda Aceh. Selain menjadi penyair, ia adalah wartawan harian Serambi Indonesia (Banda Aceh) untuk biro Jakarta. Ia kerap melakukan pentas baca puisi di berbagai tempat di Indonesia maupun luar negeri.

Bersama Mustafa Ismail, ia menggagas Aceh International Literary Festival di Banda Aceh pada 2009. Alumni Forum Puisi Indonesia ’87 belum lama ini terpilih sebagai Ketua Umum Komunitas Musikalisasi Puisi Indonesia.

Bukunya yang telah terbit antara lain, “Rencong” (ditulis dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia). Puisinya juga bisa ditemui dalam sejumlah kumpulan puisi bersama seperti Antologi Forum Puisi Indonesia (Dewan Kesenian Jakarta, 1987), Antologi Sastra Aceh Seulawah (1995), Dari Bumi Lada (Dewan Kesenian Lampung, 1996), Aceh Mendesah Dalam Nafasku (Kasuha,1999), Antologi Puisi Indonesia Jilid I (KSI, 1997).

Lalu Maha Duka Aceh (PDS HB Jassin, 2005), Syair Tsunami (PN Balai Pustaka, 2005), Lagu Kelu (Asa-JapanNet, 2005), Ziarah Ombak (Institute for Culture and Sociaty, 2005, Antologia de Poeticas (Gramedia, 2008) dan lain-lain. [MI]

Comments

Leave a Comment

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>