Lomba Menulis Esai PDRI

Sejarah Indonesia mencatat hari berdirinya PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia) sebagai Hari Bela Negara yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia dan diperingati setiap 19 Desember. Dua orang tokoh dari perjuangan PDRI juga telah dinobatkan sebagai pahlawan nasional yaitu Mr. Syafruddin Prawiranegara dan M. Natsir. Walaupun hanya berumur 207 hari, tapi PDRI menjadi penentu berdirinya kedaulatan Republik Indonesia sampai saat ini, sesuatu yang pantas untuk dikenang dan diperingati oleh generasi penerus bangsa.
Dalam rangka Hari Bela Negara yang ke-6, Lembaga Pendidikan Pengembangan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (LP3SM) bekerjasama dengan Komunitas Seni Intro Payakumbuh Sumatra Barat melaksanakan Lomba Menulis Esai tentang PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia) se Indonesia. Temanya: “Memaknai PDRI dalam Revitalisasi Kebangsaan”. Panjang esai minimal 8 halaman dan maksimal 14 halaman kuarto dengan spasi 1,5, font 12 Times New Roman, dan dikirimkan ke email: iyutfitra@ymail.com. Lomba terbuka untuk umum dan tidak dipungut uang pendaftaran.
Lomba dibuka pada 17 November 2012 dan ditutup pada 30 November 2012. Panitia akan memilih juara 1 dengan hadiah Rp. 4 juta, juara 2 Rp. 2,5 juta, juara 3 Rp. 1,5 juta, ditambah piagam penghargaan untuk masing-masing pemenang. Panitia berhak membukukan esai pemenang ditambah esai-esai terbaik dan tidak menyediakan honor pemuatan esai tersebut.
Dewan juri terdiri dari sejarawan, wartawan dan sastrawan. Pemenang akan diumumkan pada 10 Desember 2012 melalui alamat email peserta. Panitia juga akan mengundang para pemenang pada acara puncak kegiatan dan sekaligus lounching buku “Memaknai PDRI dalam Revitalisasi Kebangsaan” pada 23 Desember 2012 di Kota Payakumbuh. [IRMAN SYAH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *