Pemenang Lomba Novel DKJ Diumumkan Jumat

Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) segera mengumumkan para pemenang Sayembara Menulis Novel DKJ 2012. Acara bertajuk “Malam Anugerah Pemenang Sayembara Menulis Novel DKJ 2012” itu digelar di Teater Kecil pada Jumat, 14 Desember 2012, pukul 19.30. Acara itu, seperti tertulis di agenda kegiatan Taman Ismail Marzuki, akan diwarnai pembacaan petikan novel pemenang oleh Atikah Hasiholan & Madin Tyasawan.
Sebelum acara puncak itu, siangnya, pukul 15.00-17.00 wib, digelar diskusi dan temu pengarang di Lobi Teater Kecil. Kegaitan bertema “Mekanisme Sayembara Novel DKJ dalam Pertumbuhan Sastra Indonesia” itu menghadirkan tiga pembicara yakni Anton Kurnia, A.S Laksana, Abidah el Khalieqy. Selain itu, melengkapi rangkaian acara tersebut, juga diadakan pameran sejarah novel DKJ di Lobby Teater Kecil pada 14–19 Desember 2012, pukul 12.00-20.00 wib.
Sayembara novel ini diadakan pertama kali pada 1974. Pada kegiatan pertama kali itu, seperti tercatat dalam situs DKJ, dewan juri yang terdiri dari Umar Kayam, Boen S. Oemarjati, Sapardi Djoko Damono, S. Effendi, dan Mh. Rustandi Kartakusuma tidak menghasilkan satu pun pemenang (1-3). Mereka hanya memilih lima pemenang dengan hadiah penghargaan masing-masing Rp 75.000. Karya yang terpilih adalah Astiti Rahayu karya Iskasiah Sumarto (Yogyakarta), Dari Hari Ke Hari karya Mahbub Djunaidi (Jakarta), Arus karya Aspar Paturusi (Ujung Pandang), Sisa-sisa Hari Kemarin karya Suparto Brata (Surabaya) dan Qisas karya C.M. Nas (Jakarta).
Hal serupa kembali terulang pada Sayembara Novel DKJ 2010. Ketika pengumuman yang diadakan pada 14 Januari 2011, Dewan Juri tidak berhasil mendapatkan pemenang utama [Baca: Catatan Juri Sayembara itu]. Mereka hanya memilih empat pemenang unggulan. Karya yang terpilih adalah Lampuki karya Arafat Nur, Persiden karya Wisran Hadi, Jatisaba karya Ramayda Akmal, dan Memoar Alang-alang karya Hendri Teja. Mereka mendapatkan hadiah masing-masing Rp7.500.000. [MI]
—-
FOTO: PEMENANG LOMBA NOVEL DKJ 2010 [SUMBER: MUSISMAIL.COM]
lomba novel dkj 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *