Pertemuan Penyair Nusantara Dimulai Hari Ini

Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) VI di Jambi dimulai hari ini dan akan berlangsung hingga 31 Desember 2012. Dimas Arika Miharja, penyair Jambu yang juga kurator kegiatan ini, dalam status facebooknya Jumat 28 Desember menulis bahwa sebagian peserta pertemuan penyair telah berada di Jambi.
Puncak kedatangan penyair paling banyak diperkirakan hari ini. Sebab pembukaan pertemuan itu akan dilakukan malam ini. “Pagi ini delapan penyair dari Brunei plus dua dari Palembang bertolak ke Jambi,” tulis penyair Palembang Anwar Putra Bayu dalam status facebooknya. Status facebook sejumlah penyair juga mengisyaratkan mereka berangkat ke Jambi hari ini.
Sehari sebelumnya, Kamis, 27 Desember, di Bandung, para penyair Jawa Barat melakukan prosesi persiapan berangkat dengan penyerahan tiket pulang-pergi oleh penyair Ahda Imran yang mewakili Rakyat Jabar kepada Bode Riswandi, salah seorang peserta pertemuan itu. “Sebanyak 24 penyair Jabar siap berangkat Jambi pada 28 Desember 2012,” tulis Bode di facebook.
Seperti diberitakan, PPN VI Jambi akan dihadiri ratusan peserta dari dalam dan luar negeri. Dari manca negara, ada puluhan penyair yang sudah memastikan hadir. “Dari Perancis satu orang, Korsel tiga orang, Thailand lima orang, Brunei delapan orang, Singapura sepuluh orang, dan Malaysia sepuluh orang,” kata Jumardi Putra, panitia kegiatan ini, kepada Info Sastra, Minggu, 23 Desember 2012.
Menurut Jumardi, semua persiapan berjalan lancar. Mewarnai kegiatan itu, juga akan diluncurkan buku puisi peserta dan makalah pembicara seminar pertemuan itu. “Launching akan dilaksanakan pada malam pembukaan di rumah dinas Gubernur Provinsi Jambi,” tutur Jumardi.
Seperti diberitakan sebelumnya, antusiasme para penyair untuk mengikuti perhelatan ini sangat tinggi. Itu dibuktikan dari jumlah karya yang dikirim ke panitia hampir 3.000 puisi. Namun, lewat sebuah kuratorial, dipilih 300 puisi dari 213 penyair. Dewan Kurator terdiri dari Acep Zamzam Noor, Dimas Arika Mihardja, dan Gus tf.
Selain puisi, panitia juga mengadakan seminar yang menghadirkan para pemakalah dari sejumlah negara. “Mereka berasal dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand, dan Philipina,” ujar Ramayani, Direktur PPN VI Jambi. Kurator makalah atau pemateri seminar adalah Prof. Dr. Faruk (Yogyakarta), Dr. Maizar Karim (Jambi), dan Ahmadun Yosi Herfanda,M.Si (Jakarta) bersama Dewan Kesenian Jambi. [R]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *