Tiga Penyair Aceh Baca Puisi di Reboan

Tak biasanya, tiga penyair Aceh muncul bersamaan di acara Sastra Reboan, Rabu, 26 Desember 2012 lalu. Mereka adalah Fikar W. Eda, Wiratmadinata, dan Mustafa Ismail. Ketiga penyair ini memang tinggal di Jakarta, namun mengumpulkan mereka dalam satu panggung tentu bukan perkara mudah.
Ketiga penyair ini memang dijadwalkan membaca puisi tentang tsunami. Maklum, pada Rabu 26 Desember itu, adalah peringatan delapan tahun peristiwa tsunami Aceh. “Ada pembacaan puisi mengenang tsunami oleh para penyair Aceh,” kata Zabidi Zay Lawanglangit, Kordinator Sastra Reboan, beberapa waktu sebelum acara.
Acara Reboan sendiri mengambil tema “Rindu Menulis Bulan”. Tema ini diambil dari kegiatan kali ini yang membahas dua buku, yakni kumpulan puisi Dharmadi “Jika kau Rindu Aku” dan buku puisi Wulan Sumiarsih “Menulis Bulan”. Acara pun diawali dengan diskusi tentang kedua buku itu dengan menampilkan pada penulisnya ke atas pentas dan dibahas oleh Zabidi Zay Lawanglangit, Ilenk Rembulan dan Dedy Triyadi.

Setelah diskusi usai, baru para penyair Aceh ini dihadirkan ke panggung satu persatu. Tampil pada giliran pertama, Mustafa Ismail antara lain membacakan puisi yang penuh perenungan berjudul Surat-Surat:
….
surat-suratmu telah hanyut
jauh sebelum sabtu pekat itu
menjadi gelombang yang menenggelamkan
huruf-huruf dan jejak tanganmu
….
Urutan kedua adalah Wiratmadinata, yang sebelum membaca puisi “super pendek” mengajak para pengunjung untuk berdoa untuk para korban tsunami delapan tahun lalu itu. Selanjutnya, ia pun meneriakkan: “Tak ada kata-kata hari ini.”
Fikar yang tampil sesudahnya membacakan puisi Nyeri Aceh. Puisi ini menggambarkan peristiwa tsunami yang meluluhlantakkan kota-kota di Serambi Mekkah itu.
….
Nestapa Aceh dalam nyeri dan perih kami
jangan kalian cari lagi Meulaboh
jangan kalian tanya di mana Banda Aceh
dimana Calang, Teunom, Lamno, Lhokseumawe,
Bireuen, atau Sigli
….

Usai mereka, beberapa seniman lain juga membacakan puisi-puisi tentang Aceh. [R]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *