Institut Seni Aceh Buka Program Studi Sastra

Bahasa dan Sastra adalah salah satu jurusan yang dibuka di Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh. Jurusan itu berada di bawah Fakultas Budaya. “Fakultas Budaya terdiri dari tiga program studi yakni Bahasa dan Sastra, Prodi Kuliner, dan Prodi Fashion,” kata Mahdi Bahar, Rektor ISI Padangpanjang, yang menjadi fasilitator pendirian institut seni di Aceh itu.
Selain Fakultas Budaya, institut itu juga membuka Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain. Fakultas Seni Pertunjukan membawahi Prodi Musik Nusantara, Prodi Tari, Prodi Teater. Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki Prodi Seni Kriya, Seni Murni dan Seni Desain Komunikasi Visual. “ISBI Aceh nanti akan membuka tiga Fakultas,” kata Sulaiman Juned, Ketua Pelaksana Pendirian ISBI Aceh.
Kini panitia pendirian ISBI Aceh terus melakukan persiapan. Jumat (2 Agustus 2013) lalu, mereka mengadakan rapat kordinasi dengan fasilitator dan ketua tim pembuatan dokumen ISBI di Hotel Flamenggo Padangpanjang, Sumatera Barat.
Menurut Sulaiman, kegiatan itu untuk melakukan koordinasi antara panitia inti dengan fasilitator dan ketua tim dokumen untuk melahirkan 13 Dokumen ISBI Aceh tahun anggaran 2013. Dalam kesempatan itu, panitia inti menjelaskan teknis pembuatan tor dan teknis kerja di lapangan agar ketua tim dengan anggotanya dapat menyamakan persepsi. “Kegiatan ini ditutup dengan berbuka puasa bersama.” [R]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *