Undangan Menerbitkan Buku Puisi

Belum lama ini, 9 Maret 2015, sastrawan Kurniawan Junaedhie memposting note di akun Facebooknya. Isinya adalah undangan kepada penyair untuk menerbitkan buku puisi. Bagi para penyair yang tertaik, silakan membaca note di bawan ini yang kami posting lengkap sesuai aslinya.

UNDANGAN MENERBITKAN BUKU KUMPULAN PUISI SECARA CUMA-CUMA

KAMI telah melakukan penggalangan dana dari para sponsorship untuk keperluan mendokumentasikan naskah2 buku terbaik melalui semacam Bank Naskah. Dari sana, kami berniat menerbitkan naskah yang kami anggap layak untuk diterbitkan secara berkala setiap tahun. Untuk pertama kalinya, pada tahun ini, kami akan memilih 1 (satu) buah naskah buku puisi yang kami anggap baik untuk diterbitkan menjadi sebuah buku.
Tujuan acara ini semata adalah untuk merangsang dan,menyuburkan perkembangan sastra –khususnya puisi– di Indonesia agar semakin memasyarakat.
Proyek ini merupakan realisasi ide Waluya Ds sebagai konseptor yang didukung oleh kawan2 dekatnya dalam menggalang dana; bersama Kurniawan Junaedhie, yang bertindak sebagai pelaksana proyek. Didukung oleh sejumlah sastrawan, al. Adri Darmadji Woko, dan Eka Budianta.
Sekadar catatan, event ini bukan merupakan ajang lomba. Karena kami yakin, setiap penulis — karena bisa menulis — sudah menjadi pemenang. Bahkan bisa jadi yang dipilih pun mungkin saja bisa kurang baik dibanding yang lain.
So, siapa saja boleh ikut.
Persyaratan:
• Mengirimkan 1 (satu) naskah buku berisi min. 60 dan maksimal 100 buah puisi, ditulis dalam format Word.
• Puisi adalah karya asli, bukan jiplakan atau saduran.
• Puisi bertema bebas, ditulis dalam gaya bebas.
• Penyair harus menyertakan biodata.
• Naskah puisi yang masuk akan diseleksi oleh tim kurator yang ditunjuk
• Naskah puisi yang lolos seleksi akan diterbitkan sebagai buku oleh penyelenggara sebanyak 1000 eks.
• Penyair akan memperoleh nomor bukti sebanyak 20 (dua puluh) buku.
• Mengingat ini bukan usaha komersial, penyair yang bukunya diterbitkan tidak memperoleh hak atas royalty atau hasil penjualan buku
• Setelah berjalan 2 (dua) tahun Hak Cipta dan Hak Penerbitan buku kembali pada penulis.
• Hasil penjulan buku akan menjadi milik Bank Naskah yang akan digunakan sebagai dana abadi untuk melanjutkan usaha Sponsorship, atau bisa juga untuk membantu seniman yg membutuhkan pertolongan.
• Kirim naskah dalam bentuk soft copy melalui email:terbitkannaskah2015@gmail.com.
• Naskah buku harus sudah diterima pada pukul 00.00, 31 Oktober 2015 berdasarkan jam dan tanggal email.
• Buku akan diterbitkan pada Maret 2016.
Para donator yang sudah menyatakan kesedian menyumbang :
1 Adzwan Di. 2. Sulistyo Chung. 3 Geni Achnas. 4. Dr. Lola Syahir. 5 Yulia Yuli. 6. Lily Siti Multatuliana Sutan Iskandar. 7 Anisa Afzal II. 8. Dr. Saraswati Sunindyo. 9. Christanty Hidayat. 10 Titin Suprihatin. 11 Ina Ratna Mariani. 12. Novy Noorhayati Syahfida. 13. Nur Jehan, 14. Dr. Novriyati Dewi Artika, 15. Nani Herawati 16. Endang Werdiningsih, S.H, Sp.N., M.Kn, 16. Dr Nina Karmila, 17. Irawan Massie, 18. Dr. Nurhayati Kamal, Dr. Free Hearty dan beberapa aninomous.
Catatan:
Kami masih terbuka pada siapa saja yang ingin jadi donator proyek ini. Dan nama para donator akan kami cantumkan di buku yang bakal diterbitkan selama nama dan sumbangan masuk pada kami bulan Oktober nanti. Para peminat untuk jadi donator harap kontak melalui inbox kepada Waluya Dimas/ Kurniawan Junaedhie tentang kesedian dan transfer uang.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *