Pegiat Sosial Bikin Lomba Cerpen untuk Ulang Tahun Anak

Pegiat sosial di Semarang, Wiwi Ardhanareswari, menggelar lomba penulisan cerita pendek untuk umum bertajuk Event My Bader. Ajang ini dalam rangka peringatan ulang tahun anaknya, Bader Sulaiman Mansour Alfarisi, sekaligus sebagai upaya untuk memasyarakatkan dan mengapresiasi literasi sastra di ranah maya.
Dalam penyelenggaraan ini Wiwi dibantu penulis lepas dari Yogyakarta, Dani Satata.
Tema lomba cerpen ini adalah Cinta, Harapan dan Keyakinan. “Cinta merupakan tema yang universal dalam kehidupan, termasuk dalam ranah sastra,” kata Wiwi dalam keterangan tertulisnya, seperti diterima Info Sastra, Selasa, 14 April 2015. “Cinta ibarat mata air abadi yang mengalirkan kesegaran bagi jiwa.”
Dari pengumpulan karya dalam kurun 23 Februari 2015 hingga 14 Maret 2015 terkumpul 31 cerpen yang ditulis peserta dari berbagai kalangan. Seluruh cerpen diunggah ke Facebook sesuai semangat penyelenggara untuk menggairahkan kegiatan bersastra via dunia maya.
Dari seluruh karya yang masuk, pada 12 April 2005 diumumkan lima nominee cerpen terbaik pada ajang ini. Selanjutnya masing-masing penulis diminta membuat satu lagi karya bebas untuk dipilih sebagai karya terfavorit.
Berikut lima kandidat cerpen terbaik:
Elegi Cinta Ella oleh Retno Pey
Makanan Kucing Untuk Istriku oleh Noventi Wulandari
Tiupan Dandelion oleh Pearly Lovanda
Cinta Kita Sudah Pasti Bersatu oleh Ersa Nazwa
Sepatu Roda Untuk Pusara Ibu oleh Dewi Aminatun Najah
Penulis dan editor Dani Satata mengapresiasi seluruh peserta. “Semua menang, tak ada yang kalah. Yang ada semua butuh terus belajar dan berikhtiar maksimal, “ ucapnya.
Apresiasi senada disampaikan salah satu juri, wartawan Tempo Harun Mahbub. “Penulisan sastra seperti jalan sunyi, padahal sangat penting untuk menjaga kemanusiaan dan peradaban, “ tuturnya. Dia menegaskan, seluruh karya yang masuk umumnya hanya butuh sedikit sentuhan untuk membuatnya jadi karya yang memikat. [R]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *