Pesta Penyair Negeri Poci Dimulai Hari Ini

Pesta Penayir Negeri Poci dimulai hari ini di Tegal, Jawa Tengah. Kegiatan itu berisi temu sastra, peluncuran buku dan baca puisi dari buku “Negeri Laut”. “Kelautan” menjadi tema besar dan dirayakan oleh ratusan sastrawan Indonesia di Tegal pada 27 sampai 29 November 2015 mendatang,” kata Kurniawan Junaedhi dalam rilis yang disebar di media sosial.

Menurut KJ, sapaan akrab Kurniawan Junaedhi, hampir 700 puisi dalam buku itu ditulis oleh para penyair/sastrawan dari seluruh pelosok tanah air. Peluncuran buku itu akan dirayakan dalam sebuah pesta budaya berskala nasional yang dihadiri lebih dari 100 penyair dari berbagai wilayah di Indonesia.

Ia mengatakan “Negeri Laut” pada hakikatnya adalah kecintaan dan wawasan para penyair Indonesia di bidang kelautan. Karya para penyair itu tampaknya menjadi pemersatu yang kuat dalam hal kreativitas dalam menorehkan pengalaman batin mereka atas dasar kecintaan pada negeri laut Indonesia. Yang lebih menggembirakan, buku puisi “Negeri Laut” banyak diisi karya para perempuan penyair.

Buku antologi puisi “Negeri Laut” merupakan tema dari serial antologi puisi Dari Negeri Poci yang terbit sejak 1993 ini, diterbitkan oleh Komunitas Radja Ketjil/ Dari Negeri Poci. Buku ini tebalnya lebih dari 750-an halaman, menghimpun sebanyak 175 penyair. Mereka terpilih dari ratusan penyair yang mengirimkan karyanya untuk keperluan buku ini.

Maman S. Mahayana, seorang kritikus dan pengamat sastra secara khusus diundang untuk memberikan kata pengantar dalam buku ini, yang mengulas secara lebih dalam tentang posisi serial antologi puisi ini di dalam peta susastra Indonesia. [R]

Baca Juga:
Pesta Penyair Negeri Poci

Comments

Leave a Comment

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>