Pemenang Manuskrip Puisi DKJ Diumumkan Malam Ini

Pemenang sayembara manuskrip puisi yang diadakan oleh Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) akan dimumumkan pada malam ini di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, Selasa, 22 Desember 2015 pukul 19.00. Sayembara ini diikuti oleh lebih 500 penyair dari seluruh Indonesia. Sayembara ini dianggap merefleksikan perkembangan puisi Indonesia mutakhir.
“Bagaimana perkembangan mutakhir penulisan puisi Indonesia? Semua ini akan terjawab pada malam pengumuman sayembara manuskrip buku Dewan Kesenian Jakarta (DKJ),” kata Fikar W. Eda, Ketua Komite Sasta DKJ.
Menurut Fikar, para juri yang terdiri dari Joko Pinurbo, Oka Rusmini, dan Mikael Joani akan memberberkannya dengan cermat perkembangan puisi Indonesia itu bertolak dari karya-karya yang masuk untuk dinilai.
Sayembara Manuskrip Buku Puisi Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) 2015 telah resmi berakhir pada 7 November 2015. Hasilnya, sebanyak 572 buah manuskrip puisi diterima oleh panitia. Naskah-naskah tersebut datang dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, hingga hingga Papua.
Dari 572 buah manuskrip puisi yang masuk, dua manuskrip diantaranya tidak lolos seleksi administrasi. Satu manuskrip puisi tidak memenuhi jumlah minimal halaman dan satu lagi melewati batas pengiriman. ā€œSayembara ini adalah sesuatu yang diluar prediksi, dari segi peserta. Kami tadinya hanya menargetkan sebanyak 200 manuskrip yang akan masuk, ternyata dua kali lipat lebih banyak. Ini membuktikan puisi masih mendapat tempat yang istimewa,ā€ ujar Fikar W Eda sebelumnya. Dengan demikian sebanyak 570 buah manuskrip puisi dikirimkan kepada dewan juri.
Mewarnai Malam Anugerah itu ditampilkan sejumlah pertunjukan kesenian seperti nandong-smong dari Aceh, Plampang Hikayat Betawi, musikalisasi puisi oleh Sanggar Matahari, dan penampilan Horjabius. “Ada pula pembacaan puisi dari peserta Sayembara,” tutur Wa Ode Wulan Ratna, panitia acara itu. Selain itu, sejak Senin, 21 Desember 2015, diadakan pameran perjalanan puisi Indonesia di lobi Teater Kecil TIM. [R]
BACA JUGA:

Sore Ini Dikusi Sastra Merekam Bencana di TIM
Pameran Awali Malam Anugerah Manuskrip Puisi
Pemenang Manuskrip Puisi DKJ Segera Diumumkan
Lomba Manuskrip Buku Puisi DKJ Diserbu 572 Naskah

One thought on “Pemenang Manuskrip Puisi DKJ Diumumkan Malam Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *