Portal Sastra Litera Diluncurkan Kamis

JAKARTA – Telah lahir portal sastra Litera.co.id. Situs ini diterbitkan oleh Lembaga Literasi Indonesia dan akan diluncurkan secara resmi ke publik pada Kamis, 7 April 2016, di Resto Kampoeng Anggrek, Jalan Raya Victor, Serpong, Tangerang Selatan.
Acara itu dirangkai pula dengan peluncuran portal komunitas tangselone.com dan talkshow budaya bertajuk Peran Media Online dalam Pengembangan Sastra dan Kebudayaan. Kepala Sekretariat Lembaga Literasi Indonesia Mahrus Prihany mengatakan bahwa talkshow itu menghadirkan pembicara sastrawan Ahmadun Yosi Herfanda dan redaktur Koran Tempo Mustafa Ismail. Acara dipandu oleh Ketua Dewan Kesenian Tangsel Shobir Poer.
“Sejumlah sastrawan juga akan membaca puisi dan cerpen dalam acara peluncuran itu,” kata Mahrus. Penulis buku cerpen “Raliatri” itu melanjutkan sejumlah sastrawan yang dijadwalkan membaca puisi dan cerpen antara lain Dianing Widya, Ni Komang Ariani, Dewi Nova, dan musikalisasi puisi oleh Komunitas Sarang Matahari. “Itu disamping para pembaca puisi yang muncul secara spontan nantinya,” tambah Ketua Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Tangerang Selatan ini.
Situs sastra Litera.co.id sebenarnya telah hadir beberapa bulan lalu. Namun baru kini diluncurkan secara resmi. “Situs sastra ini bermaksud menghadirkan karya sastra yang bermutu di internet,” kata Ahmadun Yosi Herfanda, pemimpin umum/pemimpin redaksi Litera.co.id. Untuk mewujudkan itu, menurut Ahmadun, redaksi akan melakukan seleksi ketat terhadap karya-karya yang dimuat baik itu cerpen, puisi, maupun esai.
Sebagaimana karakter media online, begitu ada kiriman karya sastra, redaksi langsung membacanya untuk segera dimuat atau tidak dimuat. Jadi, menurut Ahmadun, jika lebih seminggu karya yang dikirim penulis tidak tayang artinya memang belum layak atau belum cocok untuk Litera.
Selain memuat karya dalam kategori biasa, sidang redaksi juga akan memilih karya-karya pilihan tiap akhir pekan yakni puisi pilihan, cerpen pilihan dan esai pilihan. “Puisi pilihan, cerpen pilihan dan esai pilihan itu akan mendapat tanda terima kasih dari redaksi. ” Sementara ini nilainya tentu tidak banyak. Sebab situs ini dikelola organisasi nirlaba dan kami belum mendapatkan sponsor ”
Lalu pada akhir tahun direncanakan karya-karya pilihan itu akan dibukukan. Disamping karya sastra, Litera juga menyediakan ruang untuk berita atau informasi tentang kegiatan sastra. Kami mengajak para sastrawan untuk mengirim informasi kegiatan sastranya agar bisa diberitakan di Litera. “Begitu pula jika sastrawan menerbitkan buku baru, jangan segan-segan mengirim informasi atan rilisnya kepada kami untuk kami bantu promosikan kepada pembaca sastra.” [R]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *