“Panggil Aku Layung” Berkisah tentang Kekerasan Seksual Anak

Rini Intama kembali menghadirkan buku. Kali ini adalah novel berjudul “Panggil Aku Layung”. Novel kini berkisah tentang sosok perempuan bernama Layung yang mengalami kekerasan seksual ketika anak-anak. “kekerasan seksual itu hingga berdampak pada penyimpangan seksual ketika si tokoh itu dewasa,” kata Rini Intama.

Tak hanya itu, kekerasan seksual itu juga melahirkan dendam dan berujung pada kekejaman. Dendam dan kekejaman seperti apa, inilah yang menarik disimak dari novel ini. Yang pasti, Rini mengaku, membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan novel ini. “Kerena dari ide cerita dan tokoh Layung perlu pendalaman karakter bagaimana dia kecil kemudian ketika memutuskan menjadi lesbian,” ujar Rini lagi.

Ia mengaku melakukan riset intens untuk memperkuat cerita dan gagasannya. “Aku mengadakan riset kilat ketemu dan ngobrol-ngobrol dengan ex-korban dan beberapa lesbian.” Itu dilakukan untuk mempelajari bagaimana sikap seorang lesbian, sikap, perilaku, kesehariannya.

Rini Intama lahir di Garut, Jawa Barat, pada 21 Februari dan kini berdomisili di Tangerang. Ia senang menulis dan belajar sastra sejak duduk di SMP. Meski kemudian ia kuliah di jurusan Tehnik Informatika tak menyurutkan semangatnya untuk menulis. Bahkan ia melakoni sejumlah peran sekaligus, ya guru, penulis, penyair, ibu rumah tangga, juga aktivis sastra.

Rini adalah anggota Komite Sastra Dewan Kesenian Kabupaten Tangerang. Ia jugaaktif di Komunitas Seni dan Budaya Tangerang Serumpun, anggota di Komunitas Penulis muda Indonesia, anggota Komunitas Pena Kartini, juga mengelola komunitas Pencinta Puisi. Rini juga kerap berkeliling dari satu sekolah ke sekolah lain untuk menggerakkan sastra, baik melalui workshop menulis maupun pertunjukan sastra.

Ia telah melahirkan sejumlah buku yakni Gemulai Tarian Naz (Jejak sajak Rini Intama), Tanah Ilalang di kaki langit (Kumpulan Puisi, 2014), A Yin (kumpulan cerpen, 2014). Kini, sambil menjadi ibu rumah tangga dan menulis, ia juga mengelola Kiddy English & Mathematics centre. Ini adalah lembaga pendidikan matematika dan Bahasa Inggris untuk anak-anak usia sekolah dasar hingga lanjutan. [R]

Novel Panggil Aku Layung Rini Intama

Comments

Leave a Comment

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>